Tips Berhenti Merokok

0c

Sabtu, 07 Januari 2012

Weird News : Pada bahasan yang lalu, saya telah memberitahu secuil tentang bahaya merokok dan alkohol bagi tubuh Anda. Sekarang saya akan coba memberi tips untuk berhenti merokok. Rokok telah menjadi bagian hidup dari sebagian orang di Indonesia khususnya, terutama bagi mereka yang perokok berat. Mereka seakan tidak bisa hidup jika sehari saja tidak merokok. Mereka rela membuang uang mereka untuk membeli batang rokok. Bahkan, jika harus memilih antara tidak makan atau tidak merokok, pasti mereka lebih memilih untuk tidak makan seharian. Sudah diingatkan ribuan kali, tetap saja para "pembakar paru-paru" itu tidak pernah jera meski sudah batuk-batuk bahkan sampai "bengek" sekalipun. Saya pikir kita semua tahu, bahkan anak kelas satu SD pun tahu bahwa merokok itu tidak baik bagi kesehatan dan "pencipta" rokok itu sendiri bilang bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi......dsb. amun kenapa sich sepertinya susah sekali bagi Anda unruk berhenti merokok ?
Berikut ini saya akan coba beritahu Anda bagaimana tips untuk Anda pulih dari asap tembakau yang setiap hari "main" di paru-paru Anda. Ingat, tips ini saya berikan hanya bagi yang niat berhenti saja loh yya. Bukan yang setengah- setengah (sekarang berhenti, besok kambuh lagi).
Berikut tipsnya :

1) Niat dan Komitmen
Niat adalah kunci sebenarnya. Jika Anda berniat untuk berhenti merokok, maka lakukanlah dengan niat dan jangan kompromi. Dengan modal niat ini maka Anda akan mudah ke tahap berikutnya di tips ini.

2) Bertahap
Santai tapi pasti. Yap, memang sangat sulit untuk langsung saat itu juga berhenti merokok, apalagi bagi yang pecandu berat. Untuk itu cobalah untuk setahap demi satahap untuk mengurangi rokok Anda. Misalnya, biasanya dalam sehari Anda habis 2 bungkus rokok. Anda dapat menguranginya menjadi hanya 1,5 bungkus atau 1 bungkus saja per hari. Hari berikutnya hanya beberapa batang saja, dan terus dikurangi tiap hari sampai Anda benar-benar berhenti.

3) Hindari mulut kering
Biasanya orang yang merokok saat mulutnya diam atau saat santai dan sedang tak mengunyah apa-apa. Jika Anda biasa merokok pasti mulut Anda akan terasa hambar atau terasa sangat berbeda ketika sedang tak merokok. Untuk itu saran saya, ketika Anda merasa mulut Anda hambar dsb, cobalah ganti kebiasaan menghisap rokok dengan permen karet. Makanlah permen karet saat mulut Anda sedang kosong. Selain nafas Anda lebih fresh, Anda juga tak menganggu orang lain disekitar Anda dengan asap rokok.

4) Olahraga
Buktikanlah bahwa merokok yang Anda lakukan selama ini sangatlah menyiksa paru-paru Anda. Mulai sekarang ambil waktu pagi hari saat untuk berolahraga, jika Anda terlalu sibuk maka Anda bisa mengambil waktu di akhir pekan. Rasakanlah perbedaan berat nafas Anda sebelum berhenti dan sesudah berhenti merokok.





kembali ke menu utama
isi buku tamu






: Nouvelles de Téléphone et Gadgets

0 komentar:

Poskan Komentar