Tinitus

0c

Selasa, 06 Desember 2011

Weird News : tinitusDEFINISI
Tinitus adalah suatu kondisi dimana terdengar suara atau nada di dalam telinga. Meskipun mengganggu tinitus bukanlah sesuatu hal yang serius.


PENYEBAB
Umumnya tinitus disebabkan oleh kerusakan sel telinga bagian dalam. Kerusakan sel ini karena rambut halus di dalam telinga rusak atau bocor sehingga melepaskan sinyal listrik melalui saraf telinga dan suka disalah artikan sebagai suara. Penyebab lain tinitus meliputi usia, terlalu sering mendengar suara keras dan bising, perubahan pada tulang telinga, stres, pangkal leher terluka, Acoustic Neuroma (tumor jinak yang mempengaruhi saraf kranial yang berfungsi mengendalikan keseimbangan dan pendengaran).

Ada dua jenis tinitus yang membedakan penyebabnya:
  1. Tinitus subjektif
    Tinitus jenis ini bunyi atau suara hanya penderita yang mendengar. Bisa disebabkan karena masalah di telinga luar, tengah dan telinga bagian dalam atau gangguan saraf dan otak.
  2. Tinitus tujuan
    Tinitus jenis ini bunyi atau suara bisa didengar oleh dokter yang memeriksa. Bisa disebabkan oleh masalah pembuluh darah, telinga bagian dalam tulang yang kondisi atau masalah otot.

GEJALA
Terdengar suara berdering atau mendesis di dalam telinga padahal tidak ada suara eksternal.


PENGOBATAN
Pengobatan bisa dilakukan setelah mendeteksi penyebab tinitus sesuai dengan gejala yang dialami. Misalnya melakukan pembersihan telinga dari kotoran, memakai alat bantu dengar atau mengkonsumsi obat-obatan seperti Tricyclic antidepresan (amitriptyline, nortriptyline), Alprazolam (Niravam, Xanax), Acamprosate (Campral). Namun pemakaian obat tidak akan menyembuhkan tinitus, hanya mengurangi gejala dan komplikasi.
: Nouvelles de Téléphone et Gadgets

0 komentar:

Posting Komentar