Senam Seks Bisa Mengatasi Masalah Seks

0c

Senin, 15 Februari 2010

Banyak orang makin akrab dengan instruksi seperti itu. Bila mendengarnya pikiran orang langsung mengarah pada “Senam Seks”. Seberapa besar peranannya dalam mengatasi masalah seksual???

Seks merupakan salah satu jalan meraih kebahagiaan pasangan suami istri. Jika dalam hal satu ini terjadi masalah meski sepele, bisa bikin hidup kita jadi memble. Kasus seks yang banyak dikelukan adalah karena menurunnya kekuatan fisik dan kekuatan organ seks seiring bertambahnya usia. Kondisi tersebut tidak hanya mengganggu kualitas hubungan seks tapi lebih lanjut bisa mengancam kebahagiaan rumah tangga. Seks menjadi rutinitas yang membosankan, bila derajat kualitasnya tidak dipelihara. Menurunnya kemampuan fisik maupun organ seksual secara alami, bisa memicu kejenuhan itu. Bagaimana suami bisa melakukan variasi gerakan jika lengan dan lututnya tak lagi mampu menyangga tubuh? Bagaimana istri dapat menikmati sekaligus memuaskan pasangan, bila untuk mengangkat pantat saja tak mampu?

Gambaran itu hanya sebagian kecil, betapa hubungan seks yang optimal sangat membutuhkan kekuatan dak kelenturan tubuh serta organ seks. Selain itu untuk menikmati kehidupan seksual juga diperlukan kecerdasan. Kecerdasan disini yaitu kemampuan seseorang dalam memahami seks dan tahu menggunakannya secara benar dan rekreatif. Salah satu solusi untuk memgatasi persoalan seksual adalah senam seks yang biasa disebut “Senam Kegel”.

BUTUH KELENTURAN

Mengingat bahwa faktor kelenturan tubuh dan kekuata fisikserta kemampuan organ seks merupakan rangkaian yang amat diperlukan dimana kita tidak semata-mata untuk mendapat kenikmatan seks saja tapi juga untuk kesehatan tubuh dan juwa secara menyeluruh. Senam tidak terbatas hanya untuk pria atau wanita saja karena semua memerlukannya. Untuk meningkatkan kualitas seksual ada beberapa latihan yaitu latihan sensual, latihan seksual dan latihan kebugaran seksual. Senam Kegel merupakan bagian dari latihan seksual.

MENAHAN KENCING

Senam kegel adalah suatu latihan otot dasar panggul Pubococcygeus (PC) yang semula dipergunakan untuk terapi pada perempuan yang tidak mampu mengontrol keluarnya urin. Sebagian besar perempuan yang tidak terlatih akan mengalami penurunan uterus akibat kelemahan dan penipisan otot PC. Keadaan ini tampak jelas bila dilihat dari samping pada penampang dengan menarik garis ujung tulang ekor ke bawah tulang kemaluan. Pada orang yang memiliki otot PC baik maka uterus masih berada di atas garis tersebut sedangkan mereka yang memiliki otot PC lemah letak uterus telah berada di bawah garis.

Untuk memperbaikinya maka diperkenalkan senam oleh Dr. Arnold Kegel sejak tahun 1945. Senam ini merupakan rangkaian yang berfungsi untuk melatih kontraksi otot PC berkali-kali dengan tujuan meningkatkan tonus dan kontraksi otot. Perempuan yang mempunyai kontraksi otot-otot dasar panggul lebih kuat, apakah itu kekuatan kontraksi sesaat, menahan kontraksi maupun daya tahan kontraksi pasti mempunyai kemampuan menikmati seks yang lebih baik, dibandingkan mereka yang tidak terlatih.
Gerakan dasar senam kegel sebenarnya cukup sederhana. Caranya dengan melakukan kontraksi otot PC berulangkali minimal 2 kali sehari sebanyak 10 kali kontraksi tiap kai latihan. Hal ini dapat dilakukan seperti menahan air kencing. Latihan ini tidak sesederhana yang diucapkan perlu ada pelatihan dengan instruktur khusus yang memang menguasai dasar-dasar fisiologi olahraga dan seksiologi. Meski kelihatan mudah tak jarang orang merasa sulit melakukan pada awalnya.

..

PRIA DAN WANITA

Senam kegel lebih ditujukan untuk perempuan, tapi tidak ada salahnya pria juga ikut mencobanya. Tujuannya sama yaitu melatih otot PC. Jadi tidak ada perbedaan untuk penggunaannya bagi pria dan wanita. Latihan yang dilakukan minimal 6 minggu akan menunjukkan manfaatnya sementara untuk pria prinsip utama nya sama tetap pada latihan penguatan otot-otot panggul. Latihan ini bermanfaat menguatkan otot panggul termasuk penis serta menambah kemampuan potensi seksual dan hasilnya ternyata memuaskan. Selain senam kegel sangat dianjurkan untuk melatih otot lengan, bahu, lutut, paha dan bagian tubuh lainnya.

CARA BERLATIH KEGEL

Pemanasan

Dalam tahap pemanasan ini kita harus mengendorkan semua otot-otot perut, bokong dan paha atas serileks mungkin. Untuk memastikan otot-otot tersebut rileks letakkan kedua tangan di atas perut. Jika perut tidak ikut bergerak ketika otot-otot dasar panggul (PC) dikontraksikan berarti gerakan anda sudah benar.

Kontraksi

Cara untuk melakukan kontraksi ini adalah kontraksikan otot-otot PC anda dengan menarik ke dalam dank eras sekitar vagina, anus dan saluran kencing (uretra) seperti menahan air seni. Tujuan latihan kontraksi ini untuk menemukan letak otot PC. Untuk mudahnya dapat melakukan latihan berikut : Ketika anda ingin buang air kecil, tahanlah aliran air seni, lalu lepaskan kembali. Lakukan beberapa kali sehingga bisa merasakan benar letak otot PC tersebut.

Ulangan

Setelah anda mampu melakukan, mulailah berlatih sebanyak 10 kali ulangan. Setiap kali kontraksi, tahan selama tiga hitungan. Kemudian secara perlahan naikkan hitungan kontraksinya hingga anda bisa menahan selama 10-15 hitungan, dengan istirahat selama 10 detik di antaranya. Jumlah optimum kira-kira 50-100 kali sepanjang hari, pagi, siang, sore dan malam.

VARIASI

Lakukan variasi untuk menghindari kebosanan dengan menghabungkan latihan otot-otot PC dengan pengencangan otot-otot lain disekitarnya, yaitu otot-otot perut, paha atas, otot bokong, dalam posisi berdiri, duduk dan bahkan berbaring .

Yang perlu kita perhatikan adalah dalam melakukan latihan kegel dengan menahan air seni, diarahkan hanya dilakukan pada saat awal berlatih yang digunakan untuk mengetahui letak otot PC. Setelah itu sebaiknya jangan dilakukan lagi karena akan mengganggu pola kencing anda. Yang terpenting adalah latihan kegel ini bisa kita lakukan kapan saja dengan syarat kita sudah mengetahui mana gerakan-gerakan yang dianjurkan untuk latihan kegel mana yang tidak dianjurkan. Kita sebaiknya melakukan latihan kegel ini setiap hari kapanpun dan dimanapun kita mempunyai kesempatan untuk melakukan karena latihan ini membawa pengaruh yang signifikan dalam melakukan hubungan seks dengan pasangan. Disamping kita akan memberi kepuasaan pasangan kita juga bisa merasakan kepuasan itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar