Kiat Tepat Memakai Kondom

0c

Rabu, 03 Juni 2009

Bila Anda dan pasangan sepakat memutuskan menunda kehamilan, sudah saatnya memakai alat kontrasepsi. Namun, masalah kontrasepsi ini jangan seluruhnya ditimpakan kepada wanita. Anda pun bisa turut serta membantu mereka dengan cara menggunakan kondom.



Pada umumnya kondom terbuat dari bahan dasar karet yang didesain khusus elastis dan tidak dapat ditembus cairan. Pengetahuan yang cukup mengenai kondom mutlak diperlukan agar hal-hal yang mungkin tidak diinginkan dapat dikurangi resikonya.

Kondom yang ada sekarang ini sangat bervariasi baik dalam segi bentuk maupun rasa. Dalam hal bentuk, kondom bisa berupa kondom biasa, bergerigi, bersungut, berambut, baggy, ekstension, dan sebagainya. Dalam hal rasa, kondom juga memiliki aneka rasa; buah-buahan, mint, dan lainnya.

Berikut ini adalah tips dan cara memakai kondom yang benar :

1. Jangan membuka bungkus kondom di tengah karena dapat ikut merobek karet kondom yang ada di dalamnya. Lebih baik, sobek pada bagian pinggir. Lakukan dengan hati-hati. Bila sobek, buang dan beli lagi yang baru.

2. Pakai kondom saat penis sedang tegang maksimal. Agar tak keburu 'melempem' karena rangsangan terhenti, Anda bisa meminta bantuan pasangan.

3. Berikan ruang yang cukup pada ujung kondom. Jangan dipakaikan semua agar ada ruang untuk udara yang mungkin timbul, serta untuk menampung cairan semen yang mungkin keluar secara tiba-tiba. Pakaikan seperti memakai kaos kaki yang ujungnya disisakan.

4. Pakai kondom dengan cara menggulung lipatannya, bukan dengan cara dipanjangkan dulu baru dipakaikan.

5. Jangan oleskan kondom pada cairan berminyak karena dapat merusak bahan karet, sehingga kondom dapat jebol sewaktu-waktu tanpa diduga.

6. Jika kondom robek 'di tengah jalan', segera hentikan 'permainan' dan segera pasang kondom baru.

7. Buang kondom bekas yang sudah Anda pakai ke tempat sampat yang jauh dari jangkauan anak-anak, agar kuman dan bibit penyakit menular seksual yang mungkin saja ada tidak menulari anggota keluarga Anda. Ikat kondom agar sperma tidak tumpah kemana-mana.

8. Beli kondom asli, jangan yang bajakan atau tiruan, karena bisa saja kualitasnya jelek

0 komentar:

Posting Komentar